Berita Kuark
Sainsku Hebat, Indonesiaku Kuat Print
Wednesday, 10 June 2015 13:38
Jakarta, 8 Juni 2015 – Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2015, sebuah ajang kompetisi sains SD terbesar di Indonesia kini akan memasuki babak yang dinanti-nanti, yaitu babak final OSK. Setelah melampaui berbagai seleksi sebelumnya, yaitu babak penyisihan yang diadakan pada Februari 2015 dan semifinal pada April 2015, kini terpilih 303 finalis OSK. Mereka berasal dari 112 kota/kabupaten di 29 provinsi di Indonesia. Para finalis akan berkompetisi di babak final yang akan diselenggarakan pada 13 Juni 2015 di Sampoerna University, Jakarta.

“OSK sangat berarti bagiku. Karena dengan ikut OSK, aku jadi lebih banyak mengerti tentang dunia hewan, tumbuhan, tubuh manusia, fisika, eksperimen, astronomi, dan lain-lain. OSK memberi banyak pelajaran yang selama ini belum aku dapatkan. Dengan mengikuti OSK aku berharap bisa lebih mengembangkan diri dalam pengetahuan. Aku mempunyai cita-cita menjadi profesor dalam bidang sains. Dengan adanya OSK, aku betul-betul merasa senang karena itu awal dari perjuanganku untuk meraih cita-citaku,” ungkap M. Nuha Al Ghifari, finalis OSK 2015 Level I dari SD Perwanida Blitar.

OSK memang bukan hanya sebuah kompetisi di bidang sains. Selain memberikan semangat untuk pesertanya terus-menerus menambah pengetahuan dan meningkatkan diri untuk pencapaian yang lebih baik, OSK juga bertujuan untuk mengasah berbagai kemampuan yang harus dimiliki generasi di dunia yang kompetitif ini, seperti kemampuan problem solving dan berpikir kritis. Hal ini terlihat dalam dua buah ujian yang harus dikerjakan pada babak final, yaitu ujian tertulis dan ujian eksperimen. Dalam ujian ini, selain menguji kemampuan finalis dalam bidang sains, kemampuan penalaran dan berpikir kritis pun diasah, sehingga mereka akan terlatih untuk dapat berpikir kritis dan logis.

Hasil dari ujian babak final ini akan diumumkan pada “Penganugerahan Medali OSK 2015” yang diadakan di Hall Smesco, 14 Juni 2015. Mereka akan mememperebutkan berbagai medali, seperti honorable mention, bronze medal, silver medal, gold medal, dan absolute winner.

Di babak final, OSK juga memberikan kesempatan pada finalis untuk belajar sains dan teknologi secara langsung. Setelah selesai mengerjakan ujian, para finalis melakukan kunjungan pabrik. Kunjungan pabrik ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada finalis tentang proses industri, teknologi terapan, dan juga berbagai profesi yang mengandalkan pendidikan di bidang sains.

“Saya senang ketika Kuark mengadakan Olimpiade karena kemampuan kognitif, mengobservasi, atau melakukan teknik-teknik sains dapat terlatih. Contohnya dalam final OSK, anak-anak diajak kunjungan ke sebuah pabrik yang dapat memunculkan pemahaman yang utuh antara teori dan praktik. Sehingga anak-anak dapat percaya diri ketika bersaing dengan anak-anak dari negara lain, dan yang terpenting adalah anak-anak dapat memajukan bangsa Indonesia”, ujar Petrus Waqgiyo, guru pendamping finalis dari SD Kristen Gloria 1.

Sebagai sebuah rangkaian acara Final OSK 2015, untuk para pendamping finalis juga diadakan berbagai seminar edukatif, seperti seminar “Ayo Bermain Sains”, seminar “Pembelajaran Kreatif dengan Komik Sains Kuark”, dan seminar “Science, Technology, Engineering, and Mathematic”. Selain seminar, juga akan diadakan Festival Sains Kuark yang menghadirkan berbagai permainan sains edukatif dengan tema “Cinta Lingkungan”.

“Melalui ajang OSK, kami berharap kesadaran akan sains muncul di setiap diri kita. Bukan hanya muncul pada diri finalis, namun juga pada guru, orangtua, maupun masyarakat Indonesia. Kami percaya bahwa dengan sains yang hebat, Indonesia akan lebih kuat. Oleh karena itu, perlu upaya kita bersama-sama. Saya mengucapkan terima kasih untuk berbagai pihak, seperti BNI, Adaro Energy, dan Dexa Medica yang bergandengan tangan bersama Kuark untuk membuat Indonesia kuat melalui sains.”

“BNI telah mendukung kegiatan OSK sejak 2013. Tujuan BNI mendukung kegiatan ini adalah ingin turut mengelola Komunitas Anak yang memiliki ketertarikan kepada sains. Bersamaan dengan itu kami juga memberikan edukasi perbankan sejak dini, mulai dari menjelaskan tentang bank, uang, serta pentingnya menabung. Itu semua sejalan dengan misi BNI sebagai Life time banking partner,” ungkap Corporate Secretary BNI, Tribuana Tunggadewi. Sepanjang pelaksanaan OSK yang didukung BNI yaitu sejak tahun 2013, jumlah rekening Taplus Anak yang dibuka telah mencapai lebih dari 1500 rekening. BNI pun turut serta dalam kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) melalui Unit Corporate Community Responsibility (CCR) dengan memberikan paket alat sains pada 10 sekolah berprestasi yang membutuhkan

Tingkat persaingan di OSK 2015 semakin meningkat apabila dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, peserta OSK mencapai 92.147 peserta dari 34 provinsi di Indonesia. Tingkat partisipasi kabupaten/kota pun meningkat dibandingkan dengan pelaksanaan sebelumnya, yaitu mencapai 219 kabupaten/kota dari 34 provinsi di Indonesia. Sifat kompetisinya yang terbuka, yaitu seluruh siswa SD/MI di Indonesia dapat mengikutinya, memberikan kesempatan seluasluasnya untuk semua anak Indonesia untuk ikut serta.

“Sudah empat kali saya mengikuti OSK dan empat kali mencapai final. Pernah mendapat medali perak dan perunggu. Melalui OSK, saya bisa membuktikan bahwa anak autis pun bisa berprestasi dan bersaing di ajang Olimpiade. Saya sungguh berterima kasih kepada Kuark yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk berprestasi dan menunjukkan mimpinya untuk ikut membangun

negara serta membantu saya dalam mengembangkan diri dalam meraih cita-cita saya sebagai ilmuwan sejati. Saya ingin seperti Albert Einstein yang dapat menemukan penemuan baru yang berguna bagi semua umat manusia. Saya ingin membawa nama Indonesia ke dunia Internasional dan ingin mengharumkan nama Indonesia,” ujar Wu Alfred Hardy, Finalis OSK 2015 dari SD Tunas Budi Luhur Balikpapan.

Kecintaan anak-anak terhadap sains tentu menjadi sebuah investasi bagi mereka pribadi dan bangsa ini untuk mempersiapkan masa mendatang dengan lebih baik. Penguasaan konsep sains yang baik dapat membantu anak untuk memecahkan masalah dengan menggunakan logika. Mereka terlatih untuk menganalisis dan berpikir kritis sehingga penyelesaian masalah tersebut dapat dihasilkan keputusan yang terbaik. Oleh karena itu, mari bersama wujudkan Indonesia yang kuat dengan penguasaan sains yang hebat!

Untuk Keterangan Lebih Lanjut:
Sekretariat Panitia OSK 2015
Komplek Perkantoran Permata Hijau Blok D11-12 Jakarta 12210
Telp. 021-530-2060, 530-2061, Fax. 021-536-2049
Website: www.komikuark.net
Facebook: Komik Sains Kuark
Twitter: @komikuark
 
Informasi untuk Finalis OSK 2015 Print
Friday, 15 May 2015 15:35

Babak Final Olimpiade Sains Kuark 2015 akan diadakan pada :

Hari, Tanggal
:
Sabtu, 13 Juni 2015
Tempat
:
Sampoerna University (SU)
Jl. MT. Haryono Kav. 58-60 Pancoran - Jakarta Selatan 12780
Peta
:



Acara Penganugerahan Medali bagi Finalis Olimpiade Sains Kuark 2015 akan diadakan pada :

Hari, Tanggal
:
Minggu, 14 Juni 2015
Tempat
:
SMESCO Indonesia
Jl. Gatot Subroto Kav. 94 – Jakarta Selatan 12780
Peta
:



Pada saat memasuki acara penganugerahan medali:
Finalis memakai seragam nasional Sekolah Dasar (putih merah + dasi)
Pendamping memakai Batik

Materi yang diujikan untuk final diambil dari Komik Sains Kuark edisi 1-11 / XI dan pengetahuan umum



Finalis diwajibkan mendownload file di atas dan memberikan konfirmasi kehadiran melalui website www.komikuark.net atau kirimkan file konfirmasi kehadiran finalis melalui e-mail: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it lengkap dengan semua lampiran, paling lambat pada hari Sabtu, 30 Mei 2015Panitia tidak menerima perubahan data setelah 30 Mei 2015. Informasi selengkapnya dapat dilihat melalui website: www.komikuark.net yang akan kami perbarui pada setiap hari Jumat.

Lampiran yang harus dikirimkan ke email This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it beserta lembar konfirmasi finalis adalah sebagai berikut:
  1. Konfirmasi Kehadiran Finalis OSK 2015 : halaman 1 - 3
  2. Tulisan Finalis dan Profil Guru Pendamping beserta foto pendukung :  halaman 5 - 6
  3. Foto terbaru finalis (minimal uk.4x6)
  4. Bukti pembayaran pendamping ke-2 (bila pendamping lebih dari 1)
Lembar konfimasi dan semua lampiran dapat dikirimkan dalam 1 email dengan subyek pesan : No Peserta - Nama Peserta - Sekolah Peserta





Untuk finalis dari luar Jakarta yang membutuhkan penginapan selama di Jakarta dapat merujuk kepada list penginapan yang tersedia di dalam file "Informasi untuk Finalis" di atas. Ketersediaan kamar dan biaya dapat langsung ditanyakan ke penginapan yang bersangkutan.

UPDATE 22 MEI 2015

Seminar 1 : "Ayo Bermain Sains" sudah penuh

untuk pendamping Guru dapat memilih seminar 2 dan 3
untuk pendamping Orang Tua akan masuk ke seminar 3

Untuk finalis LEVEL 2 harap menggunakan celana panjang untuk hari Sabtu, 13 Juni 2015

Last Updated on Friday, 22 May 2015 16:27
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 2 of 64