Berita Kuark
Misi Menyelamatkan Bumi dengan Hemat Kertas Print
Saturday, 21 November 2015 00:00
Sahabat Kuark pasti sudah tahu kalau sebagian besar kertas dibuat dari batang pohon atau serat rami. Untuk membuat 1 rim kertas (500 lembar) diperlukan 1 batang pohon berusia 5 tahun. Andaikan  kita menggunakan 5 lembar kertas perhari, maka dalam 3 bulan kita sudah menghabiskan satu pohon. Bayangkan, kita harus menunggu lima tahun hanya untuk membuat kertas yang habis dalam 3 bulan. Sayang sekali, bukan?

Proses produksi kertas memerlukan bahan kimia, air, dan energi dalam jumlah besar serta menghasilkan limbah yang sangat banyak. Ketika kita menghemat penggunaan kertas, pada saat yang sama kita sudah menghemat penggunaan air, energi, serta telah mengurangi limbah yang dihasilkan. Artinya, kita sudah menyelamatkan bumi.

Lalu, apa saja misi menyelamatkan bumi?
  1. Teliti sebelum membuang kertas. Periksa apakah kertas masih bisa digunakan untuk keperluan lain.
  2. Gunakan kertas bolak-balik.
  3. Gunakan kertas bekas untuk membuat notes dengan kreasimu sendiri.
  4. Ganti tissue dengan sapu tangan atau kain lap.
  5. Kertas bekas juga bisa menghasilkan uang lho! Yuk berikan kertas bekas yang sudah tidak terpakai kepada pemulung karena, kertas bekas dapat dimanfaatkan mereka!

 
Anak Kecil Juga Donor di PMI, Lho! Print
Monday, 16 November 2015 15:31
Donor di PMI? Donor darah maksudnya?

Pasti  itu yang pertama kali muncul dalam benak kita ketika mendengar kata “PMI”. Selama ini kita menganggap hanya orang tua bisa donor, tetapi buktinya anak kecil juga bisa, lho! Bukan donor darah tentunya, tapi dengan mengumpulkan dana dalam rangkaian kegiatan FInE Day 2015 yang diselenggarakan Kinderfield Depok,pada 7 November 2015. Para peserta yang terdiri dari siswa PAUD, TK, dan SD (kelas 103) berhasil mengumpulkan dana mencapai Rp15.000.000,- untuk disumbangkan ke PMI Cabang Cibinong, Bogor. Selain melakukan kegiatan amal, para peserta menunjukkan bakat dan kemampuan mereka dalam berbagai macam lomba, seperti robotic, photogenic, spelling bee, serta dalam  pertunjukkan paduan suara dan story telling.



Kinderfield mengundang Kuark untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, lho! Kuark menampilkan story telling yang berjudul Trom-trom di Sungai Vessel. Cerita ini mengisahkan perjuangan trombosit untuk mengetahui tugasnya di dalam tubuh manusia. Apakah Sahabat Kuark tahu tugas trombosit di dalam tubuh manusia?

Tidak mau kalah dengan Sahabat Kuark lainnya, para peserta FInE Day juga menunjukkan antusiasme mereka untuk berkompetisi dan berbagi. Beberapa dari mereka langsung mendaftar Olimpiade Sains Kuark dan Berbagi untuk Indonesia. Kalau mereka saja sudah daftar OSK dan BUI, tunggu apalagi? Yuk daftar sekarang!
Last Updated on Monday, 16 November 2015 15:43
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 2 of 69