Berita Kuark
BABAK FINAL OLIMPIADE SAINS KUARK 2013 PDF Print E-mail
Thursday, 27 June 2013 19:38
Membangun Indonesia Melalui Olimpiade Sains Kuark

Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2013 kini akan memasuki babak final. Terpilih 302 finalis yang berasal dari 27 provinsi dan 115 kabupaten/kota di Indonesia. Mereka akan berkompetisi di Prasetiya Mulya Business School, Jakarta pada 29 Juni 2013.

Tingkat persaingan di OSK 2013 ini semakin meningkat apabila dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya. Para finalis ini berhasil menyisihkan 87.000 peserta lainnya. Selain itu, tingkat partisipasi kabupaten/kota pun meningkat dibandingkan dengan pelaksanaan sebelumnya, yaitu mencapai 208 kabupaten/kota dari 34 provinsi di Indonesia.

Tidak hanya dari kota-kota besar yang berhasil mengirimkan wakilnya di final OSK 2013, beberapa daerah pelosok pun mampu membuktikan bahwa putera daerahnya mampu berprestasi. Beberapa daerah tersebut yaitu Siak, Muara Enim, Sumbawa Barat, Bima, dan Mimika.

OSK kini memasuki tahun ke-7 dalam penyelenggaraannya. Kompetisi sains yang diadakan setiap tahun oleh PT Kuark Internasional ini, bukan hanya sebuah kompetisi biasa. Penanaman karakter anak dibangun melalui ajang ini. Para peserta diajak untuk bersikap sportif, pantang menyerah, dan percaya diri. “OSK adalah olimpiade yang membutuhkan karakter jujur, pantang menyerah, rajin belajar dan rajin membaca. Begitu juga bagi teman-teman yang lain. Dengan banyaknya peserta OSK, akan semakin banyak generasi yang berkarakter seperti di atas. Karakter tersebut sangat diperlukan untuk membangun bangsa ini.
Seperti yang pernah dikatakan Ir. Soekarno, ‘Beri aku 10 pemuda dan aku akan mengubah dunia’!” ungkap Muhammad Risqi Tsani, siswa kelas IV SD Plus Rahmat Kediri.

Selain membangun karakter, OSK juga berhasil mendorong anak-anak dari berbagai penjuru daerah di tanah air untuk memiliki cita-cita dan mimpi besar. Mereka optimis, OSK merupakan salah satu langkah awal bagi mereka untuk mencapai cita-cita tersebut.

“Cita-citaku menjadi seorang astronot karena seorang astronot bisa melihat dan menjelajahi lebih dari manusia di bumi. Melalui OSK ini, aku berharap semua ilmu yang aku dapat bisa membantuku untuk menggapai cita-citaku. Aku sangat ingin membawa nama Indonesia ke dunia internasional karena aku ingin menunjukkan bahwa Indonesia juga bisa melahirkan orang-orang hebat,” ungkap Kirana Kalyanacitta Liman, finalis OSK 2013 Level III dari SD K PL Bernardus Semarang.

“Saya terharu mendengar para finalis OSK 2013 ini menyampaikan cita-citanya yang sangat tinggi dan mulia. Di usianya yang masih belia yaitu Sekolah Dasar, mereka telah mempunyai mimpi besar untuk dapat memberikan yang lebih baik untuk membangun Indonesia. Hal ini tentu menjadi kewajiban kita bersama untuk dapat terus memfasilitasi mereka di dalam meraih cita-cita,” ungkap Sanny Djohan, Direktur PT Kuark Internasional.

Tampaknya OSK memberi sebuah dorongan semangat untuk anak-anak Indonesia mempunyai cita-cita yang tinggi dan berprestasi untuk membangun negerinya. Bukan hanya mempunyai mimpi-mimpi besar untuk negerinya, para finalis ini ternyata juga memiliki kecintaan yang kuat terhadap dunia sains. Kecintaan ini salah satunya dibangun melalui Komik Sains Kuark. Kecintaan yang kuat terhadap sains akan melahirkan penguasaan konsep sains yang baik. Mereka akan terlatih untuk berpikir logis dan kritis.

Tahun ini, terhitung sudah lebih dari 400.000 siswa dari 34 provinsi di Indonesia pernah mengikutinya. Ada 2.100 peserta di antaranya yang mampu memasuki babak final. Sifat kompetisinya yang terbuka, yaitu seluruh siswa SD/MI di Indonesia dapat mengikutinya, memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk semua anak Indonesia untuk ikut serta. Bahkan, di final OSK 2013 ini terjadi kejutan prestasi yang luar biasa dari Wu Alfred, siswa Kelas 3 A dari SD Tunas Luhur, Balikpapan. Meskipun ia seorang autis, ia bisa membuktikan bahwa ia mampu berprestasi.

“Saya kaget untuk kedua kalinya anak kami, Alfred, lolos ke babak final. Lewat OSK, kami diberi kesempatan untuk membuktikan bahwa anak-anak spesial ini juga bisa berprestasi jika anak tersebut diberi kesempatan, perhatian, dan dukungan yang besar,” ungkap Alise Priscilla, orangtua dari Wu Alfred, finalis OSK 2013.

Ajang Olimpiade Sains Kuark telah menunjukkan bahwa semua anak negeri perlu diberi kesempatan untuk berprestasi dan menunjukkan mimpinya untuk membangun negeri. Oleh karena itu, dibutuhkan kepedulian berbagai pihak untuk bersama-sama membantu mewujudkannya. Dukungan berbagai pihak untuk membuat jangkauan kegiatan ini semakin luas, tentu menjadi sebuah semangat yang besar bagi anak-anak untuk membangun negeri melalui prestasi.

Untuk keterangan lebih lanjut:
Sekretariat Panitia OSK 2013
Komplek Perkantoran Permata Hijau Blok D11-12 Jakarta 12210
Telp. 021-530-2060, 530-2061, Fax. 021-536-2049
Website: www.komikuark.net
Facebook: Komik Sains Kuark
Twitter: @komikuark
 
Informasi untuk Finalis OSK 2013 PDF Print E-mail
Friday, 24 May 2013 11:20

Babak Final Olimpiade Sains Kuark 2013 akan diadakan pada :

hari, tanggal
:
Sabtu, 29 Juni 2013
waktu
:
Pk. 08.30 - 12.00 WIB
tempat
:
PRASETIYA MULYA BUSINESS SCHOOL (PMBS) Cilandak Barat
Jl. RA. Kartini (T B Simatupang) - Jakarta Selatan 12430 - Indonesia


Malam Penghargaan bagi Finalis Olimpiade Sains Kuark 2013 akan diadakan pada :
hari, tanggal
:
Minggu, 30 Juni 2013
waktu
:
Pk. 15.00 - 20.00 WIB
tempat
:
GUNUNG GEULIS ADVENTURE CAMP (GGAC)
Gunung Geulis Resort Jl. Pasir Angin, Gadog - Bogor 16720 - Jawa Barat
Telpon : (0251) 8252840

Pendamping dianjurkan menggunakan pakaian kasual (untuk memudahkan gerak dan kenyamanan bersama).
Saat memasuki acara malam penghargaan:
Finalis memakai pakaian daerah sesuai propinsi tempat tinggal masing-masing.
Pendamping diharapkan menggunakan aksesoris daerah yang mencirikan propinsi tempat tinggal masing-masing.

Materi yang diujikan untuk final diambil dari Komik Sains Kuark edisi 1-11 / IX dan pengetahuan umum



Finalis diwajibkan mendownload file di atas dan memberikan konfirmasi kehadiran melalui website www.komikuark.net atau kirimkan file konfirmasi kehadiran finalis melalui e-mail: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it lengkap dengan semua lampiran, paling lambat pada hari Senin, 10 Juni 2013Panitia tidak menerima perubahan data setelah 10 Juni 2013. Informasi selengkapnya dapat dilihat melalui website: www.komikuark.net yang akan kami perbarui pada setiap hari Jumat.

Lampiran yang harus dikirimkan ke email This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it beserta lembar konfirmasi finalis adalah sebagai berikut:
  1. Konfirmasi Kehadiran Finalis OSK 2013 : halaman 1 - 4.
  2. Tulisan Finalis halaman 5.
  3. Foto terbaru finalis (minimal uk.4x6).
  4. Foto copy AKTE LAHIR Finalis.
  5. Foto copy KARTU KELUARGA finalis.
  6. Foto copy KTP Ayah dan Ibu.
File konfimasi dan semua lampiran dapat dikirimkan dalam 1 email dengan subyek pesan : No Peserta - Nama Peserta - Sekolah Peserta





Untuk finalis dari luar Jakarta yang membutuhkan penginapan selama di Jakarta dapat merujuk kepada list penginapan yang tersedia di dalam file "Informasi untuk Finalis" di atas. Ketersediaan kamar dan biaya dapat langsung ditanyakan ke penginapan yang bersangkutan.

Daftar bus pendamping finalis untuk kunjungan pada hari Sabtu, 29 Juni 2013
Lihat daftar
Unduh daftar

Daftar peserta untuk seminar pada hari Sabtu, 29 Juni 2013
Seminar 1 - Ayo Bermain Sains
Lihat daftar
Unduh Daftar
Seminar 2 - Professional Talk
Lihat daftar
Unduh Daftar
Seminar 3 - Mendidik melalui Bercerita
Lihat daftar
Unduh Daftar

Last Updated on Tuesday, 25 June 2013 18:12
 
<< Start < Prev 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Next > End >>

Page 13 of 56