Berita Kuark
Olimpiade Sains Kuark 2014 Print
Tuesday, 24 September 2013 00:00
Baca KUARK-nya, ikuti olimpiadenya!

Olimpiade Sains Kuark (OSK):
kompetisi sains nasional untuk siswa SD/MI di Indonesia.

Terbagi dalam 3 level :
Level 1 (kelas 1-2) | Level 2 (kelas 3-4) | Level 3 (kelas 5-6)

Semua boleh ikutan, lho!

Penyisihan
Sabtu, 22 Februari 2014
di daerah masing-masing

Semifinal
Sabtu, 26 April 2014
di daerah masih-masing

Final
Sabtu-Minggu, 21-22 Juni 2014
di Jakarta

Ayo daftar OSK sekarang juga!

Daftar melalui panitia pusat
Daftar melalui OSK Center terdekat di kotamu
Daftar secara online


Last Updated on Thursday, 26 September 2013 15:35
 
Mendekatkan Sains kepada Anak melalui Pertunjukkan Musikal Sains Kuark Print
Wednesday, 18 September 2013 13:56
Di Indonesia, sains seringkali dianggap sebagai sebuah ilmu yang sulit dan sukar dipahami. Minat anak terhadap sains pun rendah karena sains dipandang tidak menarik. Padahal, dengan mengenalkan sains sejak usia dini, banyak manfaat yang diperoleh dalam tumbuh kembang anak.

Mengenalkan sains sejak usia dini pada anak berarti membantu anak untuk mulai berpikir secara kritis dan logis. Sains memacu anak untuk bereksperimen, bereksplorasi, dan mengamati lingkungan sekitarnya. Hal ini perlahan mampu membangun karakter anak untuk terbiasa berpikir ilmiah, terlatih menyelesaikan masalah, dan mempunyai kemampuan analisis yang tinggi.

Mengingat banyaknya manfaat mengenalkan sains sejak dini pada anak, lahirlah gagasan untuk mempopulerkan sains kepada anak. Kesan bahwa sains sulit dan tidak menarik menjadi sebuah motivasi untuk memperkenalkan sains dengan cara yang menyenangkan. Gagasan ini kemudian diwujudkan salah satunya dalam bentuk media belajar yang unik, yaitu Komik Sains Kuark.

Komik Sains Kuark terbit setiap bulan dan tampil dalam empat level untuk tingkat SD dan SMP. Di setiap edisinya, rubrik-rubrik sains dikupas secara mendalam dan disajikan dengan visualisasi yang apik, cerita yang menarik, dan bahasa yang mudah dipahami. Selain itu, ditampilkan juga eksperimen sains untuk melatih anak berpikir kritis melalui percobaan. Dengan hadirnya Komik Sains Kuark, kesan bahwa sains sulit dan tidak menarik diharapkan dapat hilang.

Selain memperkenalkan sains dalam bentuk komik, kegiatan kompetisi sains nasional, yaitu Olimpiade Sains Kuark (OSK) juga diselenggarakan Kuark sebagai cara untuk menumbuhkan kecintaan sains sejak dini. OSK merupakan sebuah ajang kompetisi sains tahunan yang bersifat terbuka bagi anak-anak SD/MI di Indonesia. Kompetisi ini didesain bukan hanya bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam penguasaan sains. Melalui berbagai bentuk kegiatan yang menyenangkan di dalam OSK, para peserta perlahan diajak untuk mulai mencintai sains.

Selain melalui komik dan kompetisi, media panggung juga efektif untuk mendekatkan sains kepada anak. Salah satunya dengan menghadirkan sebuah pertunjukan sains musikal. Selain bentuknya yang menarik karena disertai dengan iringan musik, adanya eksperimen yang melibatkan anak-anak untuk ikut serta juga menjadi daya tarik sendiri yang dapat melahirkan persepsi bahwa sains itu menyenangkan.

Berangkat dari hal tersebut, Kuark juga akan menampilkan “Pertunjukkan Musikal Sains Kuark”. Pertunjukkan ini merupakan sebuah kegiatan menggunakan media panggung dengan menampilkan eksperimen sains yang penyampaiannya dibalut dengan drama dan musik. Pertunjukkan Musikal Sains Kuark akan berlangsung pada 20-22 September 2013 di Ecopark, Ancol, Jakarta. Acara ini merupakan salah satu rangkaian acara Kalbe Junior Science Fair (KJSF) 2013.

Dengan mengusung tema “Maritim dan Kelautan”, Pertunjukkan Musikal Sains Kuark hadir selama tiga hari, 20-22 September 2013 di main stage. Di hari pertama, hadir dengan judul “Mencari Teman-Teman Aluna Si Putri Duyung”. Hari kedua, berjudul “Misteri Hilangnya Ikan-Ikan di Laut”. Sementara untuk hari ketiga adalah “Tribute to Sea Creatures”.

Selain hadir dalam bentuk pertunjukkan sains musikal, di mini stage Kuark juga hadir dalam bentuk pertunjukkan sains interaktif. Dalam acara ini, anak-anak tidak hanya dapat berinteraksi dengan tokoh-tokoh yang ada di Komik Sains Kuark. Namun, anak-anak juga diajak bersama untuk membuat berbagai eksperimen sains yang seru yang bahannya mudah didapat dan dipraktikkan sendiri di rumah. Seperti eksperimen membuat harmonika mini dan baling-baling dari sedotan.

Berbagai kegiatan yang dihadirkan untuk membuat sains menyenangkan merupakan upaya untuk menanamkan kecintaan anak-anak Indonesia terhadap sains. Diharapkan dengan bekal tersebut, akan tumbuh generasi muda yang nantinya dapat membangun dan memajukan Indonesia melalui sains.

Untuk keterangan lebih lanjut:

Kuark
Komplek Perkantoran Permata Hijau Blok D11-12 Jakarta 12210
Telp. 021-530-2060, 530-2061, Fax.   021-536-2049
Website: www.komikuark.net
Facebook: Komik Sains Kuark
Twitter: @komikuak

 
<< Start < Prev 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Next > End >>

Page 13 of 58