Berita Kuark
Membangun Literasi Sains untuk Indonesia Cerdas melalui Olimpiade Sains Kuark Print
Friday, 19 February 2016 18:55
Akhir-akhir ini, permasalahan dunia semakin kompleks. Salah satu permasalahan yang mengundang perhatian besar dari berbagai negara di dunia adalah permasalahan lingkungan hidup. Berbagai permasalahan lingkungan hidup, seperti perubahan iklim, pemanasan global, pencemaran lingkungan, munculnya berbagai penyakit baru dan isu lainnya menjadi sebuah tantangan untuk diselesaikan bersama.

Untuk memecahkan berbagai persoalan tersebut, diperlukan masyarakat yang memiliki  pemahaman tentang ide-ide ilmiah, kemampuan intelektual, kreativitas, penalaran, dan juga memiliki kepedulian terhadap isu-isu dan masalah yang terjadi di alam. Dengan memiliki pemahaman ini, masyarakat dapat menjaga kelestarian lingkungan, kesehatan, dan dapat mengambil keputusan tentang kebijakan sosial untuk diri sendiri dan masyarakat global.

Harapan ini akan tercapai jika masyarakat memiliki literasi sains (scientific literacy). Oleh karena itu, literasi sains semakin diperlukan dewasa ini agar kita dapat hidup di tengah-tengah masyarakat modern (New Zealand Curriculum Guides, 2013).

Menjawab tantangan global yang semakin kompleks, beberapa waktu lalu, Provinsi DKI Jakarta ikut ambil bagian dengan mendeklarasikan diri menjadi Provinsi Literasi Pertama di Indonesia. Peningkatan kemampuan literasi anak Indonesia memang bukan hanya semata oleh pemerintah, tetapi tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, PT Kuark Internasional juga mendukung kegiatan literasi, salah satunya dengan menerbitkan Komik Sains Kuark sejak 2004 sebagai media untuk mengembangkan literasi sains pada anak sejak usia dini.

Selain itu, Kuark mengadakan Olimpiade Sains Kuark (OSK), sebagai salah satu program untuk mengasah kemampuan berliterasi sains. OSK merupakan sebuah kompetisi sains nasional tingkat SD/MI di Indonesia. OSK memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anak untuk menggali potensinya tanpa harus memperhatikan peringkat di kelas atau nilai rapor. OSK dapat menjadi sebuah alat ukur literasi sains siswa. Selain itu, melalui berbagai soal sains yang mengasah keterampilan-keterampilan proses, seperti observasi dan klasifikasi, peserta OSK didorong untuk memacu dirinya dengan pencapaian yang lebih baik.

“OSK juga membantuku untuk masa depanku.  Dengan OSK, aku ingin membuat Indonesia lebih maju,  dan supaya alam Indonesia tidak rusak. Seperti misalnya, Laut Bunaken di Manado sudah mulai kotor.  Aku tidak mau sampai Indonesia bisa kalah dengan negara lainnya.  Jadi, solusinya, anak-anak OSK harus belajar dengan giat, supaya nanti kita bisa menjadi ilmuwan dan menemukan hal baru,”ungkap Eugenia Aileen Putrijaya, Peraih Medali Emas OSK 2015 dari SD Intan Permata Hati East Surabaya.

Pembukaan Olimpiade Sains Kuark 2016 secara resmi akan digelar pada Sabtu, 20 Februari 2016 di Kantor Walikota Jakarta Timur. Pada upacara pembukaan, akan ada 500 perwakilan siswa SD dari Jakarta Timur, para guru, dan orangtua. Acara ini akan dibuka oleh Bapak Drs. H. Djarot Saiful Hidayat M.S. selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta. Pembukaan ini juga akan dihadiri oleh beberapa tokoh pendidikan seperti Prof. Dr. Ing Wardiman Djojonegoro, dan Prof. Yohannes Surya, Ph.D. serta berbagai pihak pendukung OSK, seperti BNI dan Dharma Dexa.

Corporate Secretary PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) Suhardi Petrus mengungkapkan, untuk memberikan dukungan terhadap dunia pendidikan Indonesia dan memaksimalkan apresiasi terhadap pemenang OSK, BNI menyiapkan satu hadiah istimewa pada pelaksanaan tahun 2016 ini. Hadiah utama tersebut berupa Paket Edutrip ke Kantor Cabang BNI di Seoul dan tujuan wisata di Korea Selatan khusus bagi pemenang terbaik .

“Tujuan BNI mendukung kegiatan ini adalah untuk mengelola Komunitas Anak yang memiliki ketertarikan kepada sains. Bersamaan dengan itu BNI juga memberikan edukasi perbankan sejak dini, mulai dari menjelaskan tentang bank, uang, serta pentingnya menabung. Itu semua sejalan dengan misi BNI sebagai  Life time banking partner. Bagi BNI, OSK merupakan sarana yang efektif untuk mendekatkan diri kepada segmen nasabah belia melalui kegiatan kompetisi sains dan Roadshow BNI Sains Day ke sekolah-sekolah dengan konsep edukasi yang fun sambil belajar sains. Sejalan dengan itu, BNI memiliki produk tabungan yang sangat tepat untuk siswa-siswa sekolah dasar, yaitu BNI Taplus Anak,” ujar Petrus.

Sebagai rangkaian kegiatan, akan diselenggarakan juga seminar tentang Literasi Sains untuk guru dan orangtua, pemutaran Film Sains untuk siswa SD, dan Festival Sains Kuark. Di Festival Sains Kuark, para siswa dapat mencoba berbagai tantangan permainan sains yang bertemakan lingkungan. Melalui berbagai aktivitas yang dihadirkan, diharapkan kecintaan siswa pada sains dapat ditumbuhkembangkan.

Selain acara pembukaan, pada tanggal tersebut juga akan dilaksanakan Babak Penyisihan OSK 2016. Penyisihan ini akan dilaksanakan secara serentak di 225 kota/kabupaten di 34 provinsi di Indonesia. Pada babak penyisihan, peserta diuji berbagai pengetahuan tentang sains.

“Kesadaran akan sains menjadi bagian penting bagi masa depan Indonesia. Melalui OSK dan Kuark, kesadaran sains dibangun sejak dini. Kemampuan menyelesaikan masalah, berpikir kritis, dan kemampuan dalam bernalar diasah melalui kegiatan sains yang menyenangkan tersebut. Diharapkan ini menjadi upaya bagi kita bersama untuk mempersiapkan generasi muda kita berhasil menghadapi tantangan global untuk menuju Indonesia yang lebih cerdas,” ungkap Sanny Djohan, Direktur PT Kuark Internasional.

Untuk Keterangan Lebih Lanjut:

Sekretariat Panitia OSK 2016                    
Komplek Perkantoran Permata Hijau Blok D11-12         
Jakarta 12210                            
Telp. 021-530-2060, 530-2061,
Fax.   021-536-2049
Website: www.komikuark.net
Facebook: Komik Sains Kuark
Twitter: @komikuark
Suhardi Petrus,
Corporate Secretary BNI
Telp: 021-5728387
Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it


 
Lokasi Babak Penyisihan OSK 2016 Print
Friday, 12 February 2016 19:05


Halo sahabat Kuark,

Babak penyisihan Olimpiade Sains Kuark 2016 akan segera dilangsungkan pada tanggal 20 Februari 2016.

Materi babak penyisihan adalah dari Komik Sains Kuark Edisi 1-6 tahun XII sesuai dengan levelnya masing-masing

Untuk lokasi lombanya kamu bisa lihat di bawah ini

Berikut ini adalah lokasi babak penyisihan Olimpiade Sains Kuark 2016 menurut asal sekolah dan daerahnya masing-masing

Lokasi JABODETABEK

LIHAT LOKASI


UNDUH

Lokasi NASIONAL

LIHAT LOKASI


UNDUH







CATATAN:

Untuk peserta LUAR JABODETABEK bila ada lebih dari 1 lokasi penyisihan di kota yg sama dapat menanyakan ke OSK Centre/tempat mendaftar di kotanya masing-masing.


Jadwal pelaksanaan OSK 2016 babak penyisihan 20 Februari 2016

WIB
WITA
WIT
KETERANGAN
07.30-08.1508.30-09.1509.30-10.15Pendaftaran Ulang Peserta OSK
08.15-08.2009.15-09.2010.15-10.20Seluruh Peserta OSK
memasuki Ruang Kelas OSK
08.20-08.3009.20-09.3010.20-10.30Pembacaan Tata Tertib OSK dan Pembagian Lembar Soal OSK
08.3009.3010.30Pengerjaaan Soal
DIMULAI SERENTAK
10.0011.0012.00Pengerjaan Soal
SELESAI SERENTAK


Sampai jumpa di lokasi babak penyisihan OSK 2016

Selamat berkompetisi...
Last Updated on Friday, 12 February 2016 19:25
 
<< Start < Prev 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Next > End >>

Page 13 of 83