Berita Kuark
Serunya Semifinal OSK 2013 di SD Insan Kamil Bogor PDF Print E-mail
Thursday, 02 May 2013 12:38
Sahabat Kuark, bagaimana babak semifinal OSK 2013 di tempatmu kemarin? Seru nggak? Nah, kali ini Kuark akan cerita tentang serunya babak semifinal di kota hujan, Bogor. Penasaran? Yuk, kita simak!

Babak semifinal OSK di SD Insan Kamil diikuti oleh 694 peserta. Umumnya, mereka berasal dari SD di daerah Bogor. Nah, pengibaran Bendera Merah Putih menjadi pembuka acaranya. Para petugas pengibar bendera ini adalah siswa dari SD Insan Kamil. Pengibaran bendera ini diiringi oleh kelompok marching band.  Seluruh semifinalis OSK terlihat khidmat mengikuti jalannya upacara bendera. 



“Wah, sebelum lomba, upacara dulu. Seru banget. Udah kaya di final OSK!” ujar salah satu semifinalis Bogor.

Setelah itu, perwakilan semifinalis OSK dikalungkan Kartu Tanda Peserta. Hal ini sebagai tanda bahwa babak semifinal OSK 2013 dimulai. Acara upacara pun ditutup dengan doa bersama agar ujian OSK dapat berjalan lancar.



Di SD Insan Kamil Bogor, para semifinalis OSK ini tidak hanya ujian. Di lokasi ini, juga ada acara “Ayo Bermain Sains bersama Kuark”. Tidak hanya itu saja lho, sahabat Kuark! Seminar orangtua dan guru juga ada. Jadi, selama semifinalis asyik mengerjakan soal OSK, para orangtua dan guru bisa ikut seminar.

Seminar tersebut  berjudul “Pendidikan untuk Manusia menjadi Bijak lewat Pengembangan Sains dan Teknologi”.  Bapak Aan Rukmana, Dosen Universitas Paramadina yang menjadi pembicaranya. Para orangtua dan guru pun terlihat begitu antusias mengikuti seminar. Wah, seru ya!



Setelah para peserta mengerjakan ujian, acara “Ayo Bermain Sains bersama Kuark” pun dimulai.  Permainan sains ini berbentuk tantangan yang harus diselesaikan oleh para peserta.

Ada enam permainan sains yang disajikan. Permainan tersebut di antaranya roda pengetahuan, estafet pingpong, botol bocor, pingpong x, golf angin, dan juga sulap sains. Tak hanya bermain, melalui permainan sains tersebut mereka juga belajar tentang sains.  Jadi, bermains sambil belajar. Seru kan?




Tidak hanya para semifinalis, orangtua dan guru juga boleh ikutan lho! Nah, bagi peserta yang berhasil menyelesaikan permainan sains ini dengan baik, mendapatkan hadiah yang menarik. Hadiah ini dari berbagai pendukung acara seperti BRAND’S®, BNI, Dexa Medica, Greebel, Standard, dan juga Walls. Wah, asyik!



Gimana, seru kan acaranya? Bukan hanya berkompetisi, tetapi melalui OSK teman-teman juga bisa bermain sambil belajar sains. Nah, bagi sahabat Kuark yang ingin bercerita tentang serunya OSK di daerah kalian, bisa kirimkan ke This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it ya! Kuark tunggu ya…

Last Updated on Thursday, 02 May 2013 17:19
 
BABAK SEMIFINAL OLIMPIADE SAINS KUARK 2013 PDF Print E-mail
Monday, 22 April 2013 14:05
208 Kabupaten/Kota dari 33 Provinsi di Indonesia Lolos Babak Semifinal OSK 013

Untuk pertama kalinya, 208 kabupaten/kota dari 33 provinsi di Indonesia lolos ke babak semifinal Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2013. Dari total 208 kabupaten/kota yang ikut serta dalam kompetisi ini, semuanya berhasil mengirimkan wakilnya untuk mengikuti babak semifinal. Dengan melihat pencapaian ini, terlihat bahwa setiap kabupaten/kota memiliki potensi yang sangat besar yang dapat dikembangkan. Mereka mampu membuktikan bahwa daerahnya dapat unjuk gigi dan berprestasi.

Olimpiade Sains Kuark merupakan sebuah ajang kompetisi yang dirancang untuk meningkatkan kualitas dalam dunia pendidikan, khususnya di bidang sains. PT Kuark Internasional sebagai penyelenggara kompetisi ini melihat bahwa sains merupakan pilar penting untuk membangun bangsa yang maju. Apalagi bangsa Indonesia adalah bangsa yang mempunyai modal yang kuat untuk ini. Kekayaan sumber alam dan sumber daya manusia Indonesia yang besar merupakan potensi bagi bangsa untuk mengembangkannya. Oleh karena itu, melalui OSK, kecintaan anak Indonesia terhadap sains ditumbuhkembangkan.

Kini OSK akan memasuki babak semifinal. Tercatat, 30.156 peserta akan berkompetisi kembali untuk dapat lolos ke babak final. Mereka akan berkompetisi serentak pada Sabtu, 27 April 2013 di masing-masing-masing kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Tak hanya peserta dari daerah kota, banyak daerah-daerah pelosok yang juga berhasil mengirimkan wakilnya ke babak semifinal. Daerah tersebut seperti Nias Selatan, Pangkajene, Fak-Fak, dan Donggala.

“Saya bangga dengan siswa kami yang lolos ke semifinal. OSK membuat mereka terpacu minat bacanya dan belajarnya. Guru-guru pun jadi termotivasi untuk tidak kalah dengan siswanya. Jadi, guru-guru terus mengembangkan juga kemampuan penguasaan ilmunya. Salah satunya melalui mempelajari dan mengkaji Komik Sains Kuark. Tidak hanya itu, OSK juga membuat orangtua bangga. Jadi, OSK itu sangat positif,” ungkap Bapak Andar Jumailan MM, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul.

Keberanian 208 kabupaten kota dari 33 provinsi di Indonesia unjuk gigi untuk berprestasi merupakan angin segar bagi dunia pendidikan Indonesia. Prestasi yang ditunjukkan ini tentu perlu didukung bersama sebagai sebuah kepedulian terhadap kemajuan bangsa. Menyadari hal ini, beberapa perusahaaan besar di Indonesia, seperti BRAND’S®, BNI dan Pertamina berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan OSK 2013 sebagai salah satu kontribusi dalam membangun negeri.

Memajukan Indonesia memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu usaha bersama untuk menuju ke sana. OSK dapat menjadi sebuah cara memajukan Indonesia melalui penanam semangat kecintaan akan sains pada anak sejak dini dan juga semangat daerah untuk berprestasi. Oleh karena itu, mari bersama membangun Indonesia dengan ikut terlibat menyukseskan OSK.

Untuk keterangan lebih lanjut:
Sekretariat Panitia OSK 2013
Komplek Perkantoran Permata Hijau Blok D11-12 Jakarta 12210
Telp. 021-530-2060, 530-2061, Fax. 021-536-2049
Website: www.komikuark.net
Facebook: Komik Sains Kuark
Twitter: @komikuark
Last Updated on Monday, 22 April 2013 14:11
 
<< Start < Prev 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Next > End >>

Page 13 of 53